Selasa, 17 Oktober 2017

Regulasi, Prosedur Pendiri Perusahaan dan Company Profile Telkom Group


Pada makalah atau penulisan ini akan membahas materi mengenai Pengembangan Perancangan Bisnis Informatika. Pengembangan perancangan bisnis informatika merupakan sub-bab dari mata kuliah pengantar bisni informatika.
Pada penulisan ini akan menjelaskan sub-pokok atau bahasan dari materi pengembagan perancangan bisnis informatika beserta dengan  yang diantaranya: regulasi dan prosedur pendirian perusahaan, SDM dan organisasi, aspek pemasaran, dan aspek keuangan.
Adapun perusahaan yang yang dipilih sebagai contoh dari perancangan bisnis informatika adalah Telkom Indonesia.
Berikut uraian materi perancangan bisnis informatika Telkom Indonesia seperti yang diambil dari website resminya dan beberapa sumber lain:
I. REGULASI DAN PROSEDUR PENDIRIAN PERUSAHAAN
1.1. Mempersiapkan data dan dokumen
1.1.1.Untuk mendirikan perusahaan, berikut adalah data-data yang perlu Anda siapkan;
1)        Opsi Nama Perusahaan (Minimal 3)
2)        Bidang Usaha
3)        Domisili Perusahaan
4)        Nama-Nama Pemegang Saham & KTP
5)        Komposisi Pemegang Saham
6)        Modal Dasar Perusahaan(Minimal Rp51.000.000)
7)        Modal Disetor (Minimal Rp51.000.000)
8)        Susunan Direksi dan Komisaris
9)        KTP Direktur dan Komisaris
10)    NPWP Direktur
11)    Fasfoto 3x4 2 lembar
1.1.2.Berikut adalah 5 langkah utama atau proses pendirian perusahaan.

1.     Membuat akte perusahaan
Karena perusahaan berbadan hukum maka sangat mutlak perlu membuat akte perusahaan Anda. Biasanya akte ini berisi informasi tentang nama perusahaan, bergerak di bidang apa, nama para pemilik modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur, dan para komisaris.
2.     Mendapatkan Surat Keterangan Domisili Usaha
Ini Anda dapatkan dari kantor kelurahan atau kantor kepala desa di mana perusahaan Anda berdomisili. Berdasarkan surat ini, Camat mengeluarkan surat keterangan yang sama.
Untuk mendapatkan surat keterangan domisili, Anda memerlukan salinan akte perusahaan Anda. Selain itu, petugas kelurahan kadang atau sering juga menanya apakah tempat usaha disewa atau milik sendiri. Bila disewa, mereka menanya copy perjanjian sewa menyewa. Bila milik sendiri, mereka meminta copy sertifikat tanah dan IMB. Kadang, ada juga yang minta copy bukti bayar PBB- apakah sudah lunas atau tidak.
Biasanya, mengurus sk domisili dipungut biaya administrasi. Biaya administrasi ini bervariasi dari satu kelurahan ke kelurahan lain,
3.     Mengurus NPWP perusahaan.
Untuk mendirikan aperusahaan, NPWP perusahaan adalah mutlak. Untuk mendapatkan NPWP, Anda memerlukan salinan akte perusahaan dan surat keterangan domisili.
Ada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah tertentu meminta copy SK Menteri tentang Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan. Ada juga yang hanya meminta akte dan sk domisili.
Biasanya pembuatan NPWP hanya butuh 1/2 jam. Bila Anda memasukkan berkas di pagi hari ke kantor pajak, pagi itu juga Anda bisa  mendapat NPWP.
4.     Mendapatkan Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan dari Departemen Hukum dan HAM.
Untuk mendapatkan ini, diperlukan salinan akte perusahaan dan Surat Keterangan Domisili.
5.     Mengurus SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
SIUP merupakan bagian dari proses mendirikan PT agar perusahaan Anda bisa beroperasi. Mengurus SIUP relatif sama di berbagai tempat.
6.     Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
TDP merupakan bagian dari proses pendirian perusahaan. Biasanya ini diurus setelah Anda mendapatkan SIUP. Pada pemda tertentu, Anda dapat mengurus SIUP dn TDP sekaligus. Persyaratannya relatif sama untuk berbagai daerah.

i.      Berikut adalah dokumen dan informasi yang perlu disiapkan bila Anda mau mendirikan perusahaan. Berikut adalah dokumen-dokumen dan informasi tersebut.
  1.  Nama Perusahaan (Anda siapkan 2 atau 3 nama perusahaan bila pilihan pertama ditolak Departemen Hukum dan Ham)
  2. Bidang Usaha yang Digeluti
  3. Nama-Nama Pemilik Modal (Minimal Dua Orang)
  4. Klasifikasi Usaha: Kecil (Rp51 Juta - Rp500 Juta), Menengah (Rp501 Juta - Rp10 M), Besar (Di atas 10 M)
  5. Persentase Kepemilikan Modal
  6. Nama Direktur Utama/Direktur (Pimpinan Tertinggi Perusahaan)
  7. Copy KTP Pemilik Modal
  8. Kartu Keluarga (bila Direktur Utama/Direktur adalah perempuan)
  9. NPWP Direktur Utama/Direktur
  10. Foto Direktur/Direktur Utama ukuran 3x4 2 lembar (4x6 2 lembar untuk wilayah Bogor)
  11. Surat Keterangan Domisili Usaha
  12. Copy Bukti Surat Kepemilikan Tempat Usaha dan PBB atau Bukti Sewa-Menyewa Tempat Usaha
  13. Nomor Telepon Perusahaan
  14. Denah Lokasi Tempat Usaha (Bila Perusahaan menjadi PKP (Perusahaan Kena Pajak)

Itulah beberapa dokumen umum yang perlu Anda persiapkan sebagai syarat pendirian perusahaan sebelum Anda mendapatkan akte perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).
Paket Pelayanan Pengurusan Pendirian Perusahaan
Pelayanan Pengngurusan Pendirian Perusahan dibedakan menjadi beberapa paket seperti dijelaskan pada tabel berikut.
Berikut adalah dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pendirian perusahaan. Beda paket beda dokumen yang dibutuhkan, seperti yang bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

II.          SDM DAN ORGANISASI PERUSAHAAN
Tentang Telkom Group
Telkom Group adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.
2.1.1.Portofolio bisnis Telkom
Berikut penjelasan portofolio bisnis Telkom:
1.     Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.
2.     Information
Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).
3.     Media
Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
4.     Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.
5.     Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.
Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di sektor-sektor selain telekomunikasi, serta membangun sinergi di antara seluruh produk, layanan dan solusi, dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk meningkatkan business value, pada tahun 2012 Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment & Service). Untuk menjalankan portofolio bisnisnya, Telkom Group memiliki empat anak perusahaan, yakni PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel), PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. Telkom Metra dan PT. Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).
Kegiatan Usaha
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup bisnis kami kegiatan Perusahaan adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan kegiatan usaha yang meliputi:
A.  Usaha Utama
1.      Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
2.    Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Struktur Organisasi Perusahaan
Nama Direktorat
Fungsi dan Wewenang
Direktorat NITS
Fokus pada pengelolaan infrastructure strategy & governance, IT Strategy & Governance, and Solution serta pengelolaan pendayagunaan IT dan service operation & management, dalam rangka dukungan upaya eksploitasi bisnid yang sudah mapan dan pengendalian operasional infrastruktur melalui Divisi Network of Broadband Information System Center, Divisi Wireless Broadband serta Divisi Broadband.
Direktorat ISP
Fokus pada pengelolaan fungsi Corporate Strategic Planning, Strategic Business Development, Innovation Strategy & Synergy serta pengendalian operasi unit-unit: Divisi Solution Convergence dan Innovation & Design Center.
Direktorat CONS
Fokus dalam pengelolaan bisnis segmen konsumer serta pengendalian operasi Divisi Consumer Services
Direktorat EBIS
Fokus pada pengelolaan bisnis segmen enterprise & small medium enterprise serta pengelolaan Divisi Enterprise Services dan Divisi Business Services.
Direktorat WINS
Fokus pada pengelolaan fungsi penanganan bisnis segmen wholesale dan international, serta pengendalian operasional Divisi Wholesale Services.
Direktorat HCM
Fokus pada manajemen SDM Perusahaan serta penyelenggaraan operasional SDM secara terpusat melalui unit Human Capital Center, serta pengendalian operasi unit Telkom Corporate University Center, Assessment Center Indonesia serta Community Development Center.
Direktorat KEU
Fokus pada pengelolaan keuangan perusahaan serta mengendalikan operasi keuangan secara terpusat melalui unit Finance, Billing & Collection Center.
Sumber Daya Manusia
Dalam upaya memenangkan kompetisi global, kami secara berkesinambungan mengembangkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (“SDM”) melalui program sertifikasi dan program global talent. Hal ini sebagai bentuk dalam menghadapi ASEAN Economic Community (“AEC”) pada tahun 2015 mendatang. Kami memahami keberadaan SDM memiliki peran dan posisi strategis dalam upaya pencapaian visi menjadi perusahaan berstandar global. Untuk itulah kami terus mengembangkan SDM yang ada sekaligus membangun hubungan ketenagakerjaan yang baik dengan para karyawan.
i.                             Profil SDM
Kami memiliki 25,011 orang karyawan per tanggal 31 Desember 2013, yang terdiri dari 17,881 karyawan Telkom dan 7,130 karyawan di entitas anak. Jumlah ini menurun 2.6% dibandingkan dengan posisi per 31 Desember 2012, sejalan dengan berlanjutnya program multi exit sebagai bagian dari upaya revitalisasi dan penigkatan efisiensi SDM Telkom sejak tahun 2002.
1.                     Profil karyawan berdasarkan posisi jabatan
2.                     Profil karyawan berdasarkan tingkat pendidikan
3.                     Profil karyawan berdasarkan usia
Pengelolaan SDM
Kami telah menyusun Human Capital Master Plan untuk mengoptimalkan potensi human capital yang ada di Telkom Group. Penyusunan Human Capital Master Plan dilakukan secara terpadu dengan merujuk pada perencanaan korporasi jangka panjang maupun tahunan serta strategi bisnis masing-masing perusahaan yang tergabung di Telkom Group. Penyusunan Human Capital Master Plan juga didasarkan pada analisis penawaran dan permintaan yang akurat serta terukur, yaitu dengan menggunakan referensi data acuan, terutama acuan rasio produktivitas pada beberapa Perusahaan sejenis.
Strategi pengelolaan SDM kami menekankan pada harmonisasi jumlah dan kompetensi SDM searah dengan portofolio bisnis yang semakin fokus pada TIMES. Kami juga berupaya meningkatkan sinergi dan efisiensi di antara Perusahaan di jajaran Telkom Group dan terus menekankan penerapan nilai-nilai Perusahaan yang telah ditetapkan. Upaya ini diimplementasikan dengan menyusun rencana pengalokasian karyawan untuk lima tahun ke depan dan rencana ketenagakerjaan setiap tahun agar dapat memberikan informasi yang lebih akurat untuk mendukung kemajuan usaha perusahaan.
ASPEK PEMASARAN PERUSAHAAN
A.   DISTRIBUSI DAN STRATEGI PEMASARAN
Berikut adalah saluran distribusi pemasaran utama layanan dan produk kami:
Plasa Telkom dan GraPARI adalah outlet/lokasi yang berfungsi sebagai walk-in customer service points, di mana pelanggan dapat mengakses seluruh produk dan layanan kami. GraPARI dikhususkan untuk layanan seluler dan dikelola oleh Telkomsel Selain itu outlet seluler untuk skala kecil dengan nama GeraiHalo dikelola oleh pihak ketiga.
Contact Center menangani pertanyaan-pertanyaan mengenai produk, layanan dan transaksi nasabah kecuali fungsi payment. Contact center kami juga mengoperasikan layanan pelanggan (telecaring) dan program telemarketing.
Partnership Store adalah perpanjangan jalur distribusi melalui kerja sama dengan berbagai outlet pemasaran pihak ketiga seperti toko komputer, toko elektronik, bank, dan sebagainya.
Feet on The Street adalah dealer penjualan produk kami, terutama Speedy, yang melakukan aktivitas pemasaran secara langsung melalui door-to-door, open table, pameran, demo produk dan aktivitas sejenis.
            i.      Dealer Resmi dan Gerai Ritel
Dealer resmi dan gerai ritel, merupakan outlet pendistribusian beragam produk telekomunikasi seperti penjualan kartu Speedy Instan, kartu langganan Flexi, paket perdana dan voucher. Dealer ini bersifat non-eksklusif dan mendapat potongan harga atas seluruh produk yang mereka terima. Outlet ritel juga termasuk outlet kerjasama antara kami, Telkomsel dan PT Pos Indonesia dan juga outlet lain seperti bank.
         ii.      Tim Account Manager
Tim Account Manager, yang mengelola relasi dengan pelanggan personal dan pelanggan bisnis serta pelanggan korporat.
      iii.      Telkom Solution House (“TSH”)
Telkom Solution House (“TSH”) adalah tempat dimana pelanggan enterprise dapat memperoleh informasi mengenai beragam solusi TIMES, layanan dan produk, serta teknologi terkini. Informasi yang disajikan di TSH ditayangkan dalam bentuk live demo for free (seperti Speedy, Hotspot, PDN, IP-Phone), live demo untuk kepentingan komersial (seperti video conference), konsultasi enterprise dan solusi ecosystem business yang di sesusaikan dengan kebutuhan TIMES korporasi, dan demo simulasi (seperti e-Payment & VPN melalui GSM dan Flexi).
       iv.      SME Centere
SME Centers adalah fasilitas untuk pelanggan bisnis yang berfungsi sebagai communication center dengan dukungan fasilitas perkantoran yang canggih, sebagai community center tempat berinteraksinya pelanggan, serta sebagai commerce center terutama untuk melayani solusi e-commerce.
          v.      Website
Website Perusahaan merupakan wadah informasi seluruh produk dan layanan kami, baik multimedia maupun telepon, yang dapat diakses pelanggan melalui situs online korporat di www.telkom.co.id dan www.telkomsel.com
Aktivitas komunikasi pemasaran yang efektif berperan penting dalam memastikan bahwa penawaran produk mencapai segmen maupun potensi pelanggan yang ditargetkan
B.   STRATEGI PEMASARAN
Aktivitas komunikasi pemasaran yang efektif berperan penting dalam memastikan bahwa penawaran produk mencapai segmen maupun potensi pelanggan yang ditargetkan. Selain melalui media pemasaran tradisional secara offline seperti pemasangan iklan di media cetak dan elektronik maupun promosi pada acara-acara lokal, Kami juga secara intensif mulai memanfaatkan media digital atau online untuk memasarkan produknya melalui keberadaan komunitas digital dan membangun popularitas jejaring sosial.
Outlet Plasa Telkom dan GraPARI merupakan salah satu saluran distribusi utama produk dan layanan kami. Selain sebagai saluran distribusi produk langsung, outlet juga berfungsi untuk melaksanakan layanan purna jual bagi para pelanggan kami serta menyebarkan informasi program, promo dan produk kepada pelanggan dan pengguna akhir. Keberadaan jaringan Plasa Telkom dan GraPARI juga memungkinkan kami untuk memantau dan meningkatkan layanan pelanggan, kualitas penanganan keluhan serta indeks kepuasan pelanggan pada umumnya. Sampai dengan akhir Desember 2013, kami mengoperasikan total sebanyak 572 outlet/lokasi Plasa Telkom dan 86 GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.
Untuk mendistribusikan produk Telkom Flexi, Speedy Instan card (SPIN Card) dan layanan seluler, kami juga menjalin kemitraan dengan sejumlah dealer resmi dengan memberikan area penjualan khusus yang dapat dikelola oleh masing-masing dealer secara eksklusif (kluster). Pada akhir tahun 2013, kami memiliki kerja sama dengan 53 dealer resmi yang mengelola lebih dari 83 ribu gerai ritel yang terbagi dalam 96 kluster. Kami juga memiliki kerja sama dengan 7 Mitra Retail Nasional dan 17 Mitra Perbankan Nasional.
Khusus untuk kartuHalo, Telkomsel fokus pada segmen korporasi dan profesional dengan tingkat pemakaian yang tinggi. Pemasaran untuk segmen ini ditangani oleh tim korporasi khusus yang bertanggung jawab untuk membina hubungan berkelanjutan dengan pelanggan, dengan senantiasa berusaha memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan korporasi.
Produk simPATI dan Kartu As dirancang untuk menarik segmen yang lebih luas khususnya pelanggan muda. Telkomsel memanfaatkan jalur pemasaran above and below the line, dengan melakukan kampanye ke sekolah dan komunitas tertentu selain memasang iklan di media cetak dan elektronik, menerapkan metode pemasaran seperti sisipan tagihan, tayangan point-of-sale serta acara promosi dan sponsorship.
Seiring dengan perubahan perilaku konsumen dan gaya hidup masyarakat, kami juga aktif mengembangkan kerja sama penjualan skala nasional dengan beberapa Mitra seperti Samsung, Intel dan lain-lain. Melalui kemitraan tersebut, kami menjual produk-produk berbasis bundle melalui jaringan gerai penjualan milik Mitra yang bersangkutan (Partnership Store).
Guna mendukung kemajuan bisnis layanan broadband internet serta sebagai strategi untuk menyebarluaskan manfaat teknologi internet kepada masyarakat pada umumnya dan meningkatkan pengetahuan pelanggan terhadap aplikasi dan produk broadband internet pada khususnya, kami juga mengoperasikan fasilitas Broadband Learning Center (“BLC”). Fasilitas BLC dilengkapi dengan ruang-ber-AC, perangkat PC, koneksi broadband internet, papan tulis, materi pengajaran dan sekaligus pengajar atau pembicara, baik dari internal kami maupun bekerjasama dengan institusi lain. Sasaran dari program ini adalah kelompok masyarakat yang belum menggunakan layanan internet, atau kelompok masyarakat yang ingin memperdalam pengetahuan internet dan teknologi informasi (TI), seperti para siswa sekolah dan mahasiswa. Selain untuk acara yang kami kelola, keberadaan BLC ini juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai acara yang terkait dengan pendidikan dan pengembangan TI. Sampai dengan akhir 2013, kami telah memiliki 218 lokasi BLC yang tersebar di seluruh Indonesia.
C.   Pangsa Pasar
Kontribusi terbesar terhadap pendapatan kami adalah pendapatan seluler. Untuk informasi pangsa pasar seluler, lihat bagian “Informasi Tambahan (bagi Pemegang Saham ADR) – Persaingan – Seluler”.
ASPEK KEUANGAN PERUSAHAAN
a.          Pendapatan Telkom
Tabel berikut menunjukkan pendapatan Telkom, yang dikelompokkan sesuai dengan produk dan jasa utama Telkom selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011. Setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah pendapatan:
              i.      Pendapatan Telepon Seluler
Pendapatan telepon seluler selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah pendapatan:
 
         ii.      Pendapatan Telepon Tidak Bergerak
Pendapatan telepon tidak bergerak selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah pendapatan:
 
      iii.      Pendapatan Data, Internet dan Jasa Teknologi Informatika
Pendapatan data, internet, dan jasa teknologi informatika selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah pendapatan:
 
       iv.      Pendapatan Interkoneksi
Pendapatan interkoneksi selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah pendapatan:
 
          v.      Pendapatan Jaringan
Pendapatan jaringan selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah pendapatan:
 
       vi.      Pendapatan Jasa Telekomunikasi Lainnya
Pendapatan jasa telekomunikasi lainnya selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah pendapatan:
 
b.          Beban Telkom
Tabel berikut menampilkan beban Telkom selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah beban:
            i.      Beban Operasi, Pemeliharaan, dan Jasa Telekomunikasi
Beban operasi, pemeliharaan, dan jasa telekomunikasi selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah beban:
         ii.      Beban Penyusutan dan Amortisasi
Beban penyusutan dan amortisasi selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah beban:
 
      iii.      Beban Karyawan
Beban karyawan selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah beban:
 
       iv.      Beban Interkoneksi
Beban interkoneksi selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah beban:
 
          v.      Beban Pemasaran
Beban pemasaran selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah beban:
 
       vi.      Beban Umum dan Administrasi
Beban umum dan administrasi selama tiga tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 adalah sebagai berikut, dengan setiap item dinyatakan dalam persentase dari jumlah beban:
 
c.           Tinjauan Keuangan
Tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011 dibandingkan dengan tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2010
            i.      Pendapatan
Jumlah pendapatan meningkat sebesar Rp2.624 miliar, atau 3,8%, dari Rp68.629 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp71.253 miliar pada tahun 2011. Peningkatan pendapatan di tahun 2011 terutama disebabkan oleh peningkatan pendapatan data, internet dan jasa teknologi informatika, jaringan dan jasa telekomunikasi lainnya yang diimbangi dengan penurunan pendapatan telepon tidak bergerak, pendapatan telepon seluler dan interkoneksi. Pendapatan telepon seluler, yang merupakan komponen terbesar dari pendapatan Kami, menunjukkan sedikit penurunan sebesar Rp536 miliar, atau 1,8% di tahun 2011.
1.                     Pendapatan Telepon
Pendapatan Telepon Seluler
Pendapatan telepon seluler menurun sebesar Rp536 miliar, atau 1,8%, dari Rp29.134 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp28.598 miliar pada tahun 2011 terutama disebabkan oleh penurunan pendapatan pemakaian, yang diimbangi dengan peningkatan pendapatan fitur.
Pendapatan pemakaian menurun sebesar Rp835 miliar, atau 3,0% dari Rp28.024 miliar di tahun 2010 menjadi Rp27.189 miliar di tahun 2011 disebabkan oleh penurunan pemakaian lokal. Penurunan pada pemakaian diimbangi dengan peningkatan pada pendapatan fitur sebesar Rp256 miliar, atau 44,0%, dari Rp582 miliar di tahun 2010 menjadi Rp838 miliar di tahun 2011.
2.                     Pendapatan Sambungan Telepon Tidak Bergerak
Pendapatan sambungan telepon tidak bergerak menurun sebesar Rp1.321 miliar, atau 10,2%, dari Rp12.940 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp11.619 miliar pada tahun 2011. Penurunan pendapatan sambungan telepon tidak bergerak terutama disebabkan oleh penurunan pada pendapatan pemakaian sebesar Rp1.074 miliar, atau 11,6%, dari Rp9.287 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp8.213 miliar pada tahun 2011 disebabkan oleh penurunan pemakaian lokal dan SLJJ. Kemudian, pendapatan abonemen bulanan juga menurun sebesar Rp247 miliar, atau 7,6% di tahun 2011. Penurunan pendapatan sambungan telepon tidak bergerak ini disebabkan oleh penurunan penggunaan layanan telepon tidak bergerak karena adanya teknologi baru.
3.                     Pendapatan Data, Internet dan Jasa Teknologi Informatika
Pendapatan data, internet dan jasa teknologi informatika meningkat sebesar Rp4.123 miliar, atau 20,8%, dari Rp19.801 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp23.924 miliar pada tahun 2011. Peningkatan pendapatan ini terutama disebabkan oleh peningkatan pendapatan data, internet dan jasa teknologi informatika sebesar Rp2.251 miliar, atau 27,1%, dari Rp8.297 miliar di tahun 2010 menjadi Rp10.548 miliar di tahun 2011. Peningkatan ini sebagian disebabkan oleh peningkatan pelanggan Speedy sebesar 23,4%, dari 1,6 juta pelanggan di tahun 2010 menjadi 1,8 juta pelanggan di tahun 2011, dan peningkatan pelanggan Flash sebesar 44,7%, dari 3,8 juta pelanggan di tahun 2010 menjadi 5,5 juta pelanggan di tahun 2011. Peningkatan ini juga disebabkan oleh peningkatan volume data yang melalui jaringan VPN sebesar 18,4%, dari 24.237 Mbps menjadi 28.702 mbps, dan peningkatan volume data yang melalui Metro ethernet sebesar 131,0%, dari 60.924 Mbps menjadi 140.733 Mbps. Keduanya berkontribusi pada peningkatan pendapatan.
Pendapatan SMS juga berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan sebesar Rp1.804 miliar atau 16,0% dari Rp11.289 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp13.093 miliar pada tahun 2011. Peningkatan ini disebabkan oleh peningkatan volume SMS sebesar 13,4% dari 199,6 miliar SMS di tahun 2010 menjadi 226,4 miliar SMS di tahun 2011.
4.                     Pendapatan Interkoneksi
Pendapatan interkoneksi menurun sebesar Rp226 miliar, atau 6,1% dari Rp3.735 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp3.509 miliar pada tahun 2011. Pendapatan interkoneksi internasional menurun sebesar Rp123 miliar, atau 7,9%, dari Rp1.561 miliar di tahun 2010 menjadi Rp1.438 miliar di tahun 2011. Pendapatan interkoneksi domestik dan transit menurun sebesar Rp103 miliar, atau 4,7%, dari Rp2.174 miliar di tahun 2010 menjadi Rp2.071 miliar di tahun 2011. Penurunan pendapatan interkoneksi sebagian disebabkan oleh penurunan pendapatan interkoneksi seluler sebesar Rp113 miliar, atau 6,0%, yang disebabkan oleh promosi dari industri seluler dengan mengurangi tarif panggilan antar sesama pelanggan dalam satu penyedia jaringan. Selain itu, pemerintah menetapkan tarif interkoneksi yang lebih rendah di tahun 2011 dibandingkan dengan tarif di tahun 2010. Penurunan pendapatan interkoneksi juga disebabkan oleh peningkatan substantial pada penggunaan VoIP untuk melakukan panggilan, termasuk melalui telepon seluler dengan menggunakan aplikasi seluler VoIP.
Pendapatan interkoneksi terdiri dari pendapatan interkoneksi dari sambungan telepon tidak bergerak dan pendapatan interkoneksi dari jaringan seluler Telkomsel. Pendapatan interkoneksi termasuk sambungan langsung incoming dari layanan SLI (TIC-007).
Jumlah pendapatan interkoneksi berkontribusi sebesar 4,9% dari pendapatan konsolidasian untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2011 dibandingkan dengan 5,4% untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2010.
5.                       Pendapatan Jaringan
Pendapatan jaringan meningkat sebesar Rp243 miliar, atau 23,0%, dari Rp1.058 miliar di tahun 2010 menjadi Rp1.301 miliar pada tahun 2011 terutama disebabkan oleh peningkatan substansial pada pendapatan sewa sirkit sebesar Rp224 miliar, atau 32,6%, dari Rp687 miliar di tahun 2010 menjadi Rp911 miliar di tahun 2011. Peningkatan ini disebabkan oleh meningkatnya kapasitas sewa sirkit dari 40.451 E1 di tahun 2010 menjadi 118.357 E1 di tahun 2011 sejalan dengan peningkatan permintaan akibat pertumbuhan ekonomi yang diimbangi dengan penurunan tarif sewa sirkit.
Pendapatan sewa transponder satelit meningkat sebesar Rp19 miliar, atau 5,1%, dari Rp371 miliar di tahun 2010 menjadi Rp390 miliar di tahun 2011 yang disebabkan oleh peningkatan kapasitas sewa yang mengikuti peningkatan permintaan.
6.                       Pendapatan Jasa Telekomunikasi Lainnya
Pada tahun 2011, pendapatan Telkom dari jasa telekomunikasi lainnya meningkat sebesar Rp341 miliar, atau 17,4%, dari Rp1.961 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp2.302 miliar pada tahun 2011. Peningkatan pendapatan ini terutama berasal dari peningkatan pendapatan TV berbayar sebesar Rp100 miliar, atau 62,9%, dari Rp159 miliar di tahun 2010 menjadi Rp259 miliar pada tahun 2011; peningkatan kompensasi KPU sebesar Rp88 miliar, atau 25,7% dari Rp342 miliar di tahun 2010 menjadi Rp430 miliar di tahun 2011 serta pendapatan lain-lain sebesar Rp245 miliar, atau 209,4% dari Rp 117 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp362 miliar pada tahun 2011.
Pendapatan TV berbayar meningkat disebabkan oleh peningkatan substansial pada pelanggan TelkomVision sebesar 369,7% dari 212,9 ribu pelanggan di tahun 2010 menjadi 1 juta pelanggan di tahun 2011 akibat promosi yang intensif dan penurunan tarif. Pendapatan dari kompensasi KPU meningkat disebabkan oleh pendapatan dari proyek KPU di tahun 2011 untuk membangun layanan pusat internet di berbagai ibu kota provinsi. Pendapatan lain-lain meningkat disebabkan oleh pendapatan dari bisnis direktori telepon menjadi Rp349 miliar pada tahun 2011.
         ii.      Beban
Jumlah beban meningkat sebesar Rp3.716 miliar, atau 8,0% dari Rp46.254 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp49.970 miliar pada tahun 2011. Peningkatan jumlah beban terutama disebabkan oleh meningkatnya beban karyawan, beban pemasaran serta beban interkoneksi. Penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut:
1.                     Beban Operasi, Pemeliharaan dan Jasa Telekomunikasi
Beban operasi, pemeliharaan dan jasa telekomunikasi meningkat sebesar Rp326 miliar, atau 2,0%, dari Rp16.046 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp16.372 miliar pada tahun 2011. Peningkatan beban operasi, pemeliharaan dan jasa telekomunikasi terutama disebabkan oleh peningkatan pada beban pemeliharaan menara, gedung perkantoran dan BTS sebesar Rp355 miliar, atau 4,0%, disebabkan oleh meningkatnya beban yang terkait dengan peningkatan kapasitas stasiun penerima dan transmisi serta layanan broadband.
Peningkatan beban operasi, pemeliharaan dan jasa telekomunikasi juga disebabkan oleh hal-hal lain berikut:
·        Beban sewa sirkit dan CPE meningkat sebesar Rp191 miliar, atau 88,8%, dari Rp215 miliar di tahun 2010 menjadi Rp406 miliar di tahun 2011;
·        Beban hak penyelenggaraan dan KPU meningkat sebesar Rp58 miliar, atau 4,9%, dari Rp1.177 miliar di tahun 2010 menjadi Rp1.235 miliar di tahun 2011. Peningkatan beban ini mengikuti peningkatan jumlah pendapatan sebesar 3,8%; dan
·        Beban asuransi meningkat sebesar Rp47 miliar, atau 12,2%, dari Rp384 miliar di tahun 2010 menjadi Rp431 miliar di tahun 2011. Peningkatan ini disebabkan oleh beban asuransi atas kerusakan kabel bawah laut terkait bencana tsunami di Sumatera Barat dan gempa di Sumbawa pada tahun 2010.
Peningkatan di atas dimbangi oleh hal-hal berikut:
·        Beban pokok penjualan telepon, set top box, kartu SIM dan RUIM menurun sebesar Rp188 miliar, atau 17,6%, dari Rp1.067 miliar di tahun 2010 menjadi Rp879 miliar di tahun 2011. Penurunan ini disebabkan oleh kemasan yang lebih murah untuk kartu SIM dan RUIM;
·        Beban pokok jasa teknologi informatika menurun sebesar Rp56 miliar, atau 28,0%, dari Rp200 miliar di tahun 2010 menjadi Rp144 miliar di tahun 2011. Penurunan ini disebabkan oleh menurunnya jumlah lisensi software akibat berakhirnya beberapa lisensi software dan penunjukan Sigma sebagai penyedia software serta menurunnya beban pemeliharaan software; dan
·        Beban pemakaian frekuensi radio menurun sebesar Rp46 miliar, atau 1,6%, dari Rp2.892 miliar di tahun 2010 menjadi Rp2.846 miliar di tahun 2011, disebabkan oleh peraturan baru yang dikeluarkan pada tanggal 13 Desember 2010, dimana biaya hak pakai BTS yang dibayarkan kepada pemerintah tidak lagi dihitung berdasarkan jumlah BTS yang dipakai, namun dihitung berdasarkan bandwidth yang digunakan.
2.                     Beban Penyusutan dan Amortisasi
Beban penyusutan dan amortisasi meningkat sebesar Rp251 miliar, atau 1,7%, dari Rp14.612 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp14.863 miliar pada tahun 2011 yang terutama disebabkan oleh meningkatnya beban penyusutan sebesar Rp616 miliar, atau 4,7%, dari Rp13.085 miliar di tahun 2010 menjadi Rp13.701 miliar di tahun 2011, disebabkan oleh beban penyusutan fasilitas pendukung, BTS dan peralatan switching diimbangi dengan penurunan beban penyusutan untuk jaringan kabel, peralatan pemrosesan data serta sewa pembiayaan.
Terdapat penurunan beban amortisasi sebesar Rp928 miliar, atau 60,7% terutama karena aset tak berwujud terkait dengan KSO telah diamortisasi sepenuhnya pada tanggal 31 Desember 2010, sesuai dengan berakhirnya KSO pada tanggal tersebut. Pada tahun 2011, aset tak berwujud tersebut telah dihapusbukukan.
Setelah mempertimbangkan persaingan yang meningkat dalam pasar layanan telepon nirkabel tidak bergerak yang berdampak pada tarif rata-rata yang lebih rendah, menurunnya jumlah pelanggan aktif, dan menurunnya rata-rata pendapatan per pelanggan (“Average Revenue Per User” atau “ARPU”), kami melakukan pengujian penurunan nilai untuk unit penghasil kas layanan telepon nirkabel tidak bergerak. Lihat Bab 3 “Faktor-faktor Risiko – Layanan telepon nirkabel tidak bergerak kami mengalami persaingan ketat”. Jumlah tercatat aset terkait layanan telepon nirkabel tidak bergerak yang mengalami penurunan nilai diturunkan hingga sebesar jumlah terpulihkan, yang ditentukan berdasarkan perhitungan estimasi nilai pakai. Dalam menentukan nilai pakai, Perusahaan dan entitas anak menggunakan pertimbangan manajemen dalam menentukan proyeksi kinerja operasional masa depan, dan dalam menentukan tingkat pertumbuhan dan tingkat diskonto.
Pertimbangan-pertimbangan tersebut diterapkan berdasarkan pemahaman kami atas informasi historis dan ekspektasi atas kinerja operasional masa depan. Proyeksi arus kas mencerminkan ekspektasi manajemen terhadap pendapatan, pertumbuhan laba sebelum bunga, pajak, penyusutan, dan amortisasi (“Earnings Before Interest, Tax, Depreciation, and Amortisation” atau “EBITDA”), dan arus kas operasi atas dasar unit penghasil kas layanan telepon nirkabel tidak bergerak menghasilkan surplus arus kas bersih sejak tahun 2013 dan pengembalian tingkat profitabilitas di tahun 2016. Proyeksi arus kas manajemen juga mempertimbangkan ekspektasi wajar manajemen terhadap perkembangan kondisi ekonomi makro dan ekspektasi pasar terhadap industri telekomunikasi di Indonesia. Proyeksi tersebut mengasumsikan bahwa manajemen akan menerima lisensi dan menyelenggarakan jasa layanan telepon nirkabel bergerak secara efektif yang akan mengeliminasi keterbatasan pada jasa yang diselenggarakan sekarang dimana hanya dapat digunakan oleh pelanggan dalam kode area tertentu. Manajemen menggunakan tingkat diskonto sebelum pajak sebesar 11,4%, yang berasal dari perhitungan rata-rata tertimbang biaya modal Perusahaan setelah pajak dan diperbandingkan dengan data eksternal yang tersedia. Tingkat pertumbuhan perpetuitas yang digunakan adalah 0% dengan asumsi jumlah pelanggan akan terus meningkat setelah lima tahun, rata-rata pendapatan per pelanggan akan menurun sehingga hanya tingkat pertumbuhan jangka panjang yang dapat diabaikan akan dicapai dalam pasar yang kompetitif.
Perusahaan menentukan kelompok aset dalam unit penghasil kas layanan telepon nirkabel tidak bergerak mengalami penurunan nilai pada 31 Desember 2011, yang menyebabkan rugi penurunan nilai sebesar Rp 563 miliar (2010: nihil) diakui dalam laporan laba rugi komprehensif konsolidasian sebagai bagian dari “Penyusutan dan amortisasi”. Perubahan asumsi penting, termasuk asumsi tingkat diskonto atau tingkat pertumbuhan dalam proyeksi arus kas, dapat mempengaruhi secara material perhitungan nilai pakai. Kenaikan sebesar 1% pada tingkat diskonto yang digunakan akan menambah rugi penurunan nilai menjadi Rp 907 miliar. Namun jumlah terpulihkan dari unit penghasil kas layanan telepon nirkabel tidak bergerak sangat dipengaruhi oleh keberhasilan manajemen dalam melaksanakan rencananya, termasuk rencana untuk menyelenggarakan jasa layanan telepon nirkabel bergerak, yang diharapkan akan menghasilkan surplus arus kas dan tingkat profitabilitas sesuai proyeksi. Apabila kinerja dari unit penghasil kas layanan telepon nirkabel tidak bergerak terus mengalami penurunan atau rencana-rencana manajemen tidak terlaksana seperti yang diharapkan dalam periode keuangan selanjutnya, analisa harus dilakukan untuk menentukan apakah terdapat tambahan penurunan nilai di tahun yang akan datang.
3.                       Beban Karyawan
Beban karyawan meningkat sebesar Rp1.223 miliar, atau 16,7%, dari Rp7.332 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp8.555 miliar pada tahun 2011. Peningkatan beban karyawan ini sebagian disebabkan oleh kenaikan beban gaji dan tunjangan sebesar Rp250 miliar, atau 9,1%, dari Rp2.751 miliar di tahun 2010 menjadi Rp3.001 miliar di tahun 2011. Peningkatan ini disebabkan oleh kenaikan gaji dasar tahunan sebesar 8,0% untuk mengimbangi inflasi.
Selain itu, kenaikan juga disebabkan oleh adanya beban program pensiun dini sebesar Rp517 miliar di tahun 2011 dan tidak adanya program pensiun dini yang ditawarkan di 2010. Beban cuti, insentif dan tunjangan lainnya juga memberikan kontribusi kenaikan sebesar Rp240 miliar, atau 9,3%, dari Rp2.574 miliar di tahun 2010 menjadi Rp2.814 miliar di tahun 2011, terutama disebabkan oleh kenaikan insentif.
Beban pajak penghasilan karyawan juga meningkat sebesar Rp247 miliar, atau 31,0%, dari Rp796 miliar di tahun 2010 menjadi Rp1.043 miliar di tahun 2011. Peningkatan ini mengikuti peningkatan beban gaji dan tunjangan.
4.                     Beban Interkoneksi
Beban interkoneksi meningkat sebesar Rp469 miliar, atau 15,2%, dari Rp3.086 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp3.555 miliar pada tahun 2011. Beban interkoneksi meningkat terutama disebabkan peningkatan beban interkoneksi domestik seluler dan transit (beban interkoneksi untuk panggilan antara sesama pelanggan Telkomsel yang diarahkan melalui jaringan operator lain), sebesar Rp434 miliar, atau 21,9% sejalan dengan peningkatan pada jumlah pelanggan Telkomsel di 2011 sebesar 13,8%.
Beban interkoneksi mencapai 7,1% dari jumlah beban konsolidasian untuk tahun 2011 dibandingkan dengan 6,7% untuk tahun 2010.
5.                       Beban Pemasaran
Beban pemasaran meningkat sebesar Rp753 miliar, atau 29,8%, dari Rp2.525 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp3.278 miliar pada tahun 2011, terutama disebabkan oleh peningkatan beban iklan dan promosi sebesar Rp749 miliar, atau 37,6%. Peningkatan beban iklan dan promosi ini disebabkan oleh perubahan skema insentif dealer di Telkomsel.
6.                     Beban Umum dan Administrasi
Beban umum dan administrasi meningkat sebesar Rp398 miliar, atau 15,7%, dari Rp2.537 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp2.935 miliar pada tahun 2011, sebagian disebabkan oleh peningkatan substansial beban penyisihan piutang ragu-ragu dan persediaan usang sebesar Rp358 miliar, atau 68,2%, dari Rp525 miliar di tahun 2010 menjadi Rp883 miliar di tahun 2011. Peningkatan ini disebabkan perubahan perhitungan piutang ragu-ragu berdasarkan umur piutang menjadi tingkat kolektibilitas.
Selain itu, beban sumbangan sosial meningkat sebesar Rp119 miliar, atau 69,6%, dari Rp171 miliar di tahun 2010 menjadi Rp290 miliar di tahun 2011. Peningkatan ini disebabkan oleh ketetapan pemegang saham untuk meningkatkan jumlah dana yang dialokasikan untuk tanggung jawab sosial perusahaan dari 1,0% jumlah laba komprehensif di tahun 2010 menjadi 2,0% jumlah laba komprehensif di tahun 2011. Dana ini dialokasikan secara merata untuk pembangunan komunitas dan program kemitraan.
Beban jasa profesional meningkat sebesar Rp72 miliar, atau 44,2%, dari Rp163 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp235 miliar pada tahun 2011.
Peningkatan beban jasa profesional, sumbangan sosial serta beban penyisihan piutang ragu-ragu dan persediaan usang diimbangi oleh penurunan substansial beban keamanan dan screening sebesar Rp118 miliar, atau 54,9%, dari Rp215 miliar di tahun 2010 menjadi Rp97 miliar di tahun 2011. Penurunan ini disebabkan oleh kebijakan Telkom untuk melakukan penurunan jumlah tenaga kerja keamanan dan menggunakan tenaga kerja keamanan dari Anak Perusahaan, bukan dari pihak ketiga.
Selain itu beban penagihan menurun sebesar Rp74 miliar, atau 18,5%, dari Rp401 miliar di tahun 2010 menjadi Rp327 miliar di tahun 2011.
7.                     (Laba) Rugi Selisih Kurs - bersih
(Laba) rugi selisih kurs bersih menurun sebesar Rp253 miliar, atau 588,4% dari laba selisih kurs sebesar Rp43 miliar pada tahun 2010 menjadi rugi selisih kurs sebesar Rp210 miliar pada tahun 2011. Penurunan ini terutama disebabkan oleh apresiasi mata uang Yen dan Dolar AS sebesar 5,6% dan 0,7% di tahun 2011 yang berakibat pada peningkatan biaya hutang dalam denominasi Yen dan Dolar AS.
      iii.      Laba dan Marjin Laba
Sebagai hasil dari hal-hal yang dijelaskan sebelumnya, laba menurun sebesar Rp975 miliar, atau 4,3%, dari Rp22.923 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp21.948 miliar pada tahun 2011. Sementara itu, pendapatan meningkat sebesar Rp2.624 miliar atau 3,8%. Marjin laba menurun dari 33,1% pada tahun 2010 menjadi 30,5% pada tahun 2011.
       iv.      Laba Sebelum Pajak dan Marjin Laba Sebelum Pajak
Sebagai hasil dari hal-hal yang dijelaskan sebelumnya, laba sebelum pajak menurun sebesar Rp559 miliar, atau 2,6% dari Rp21.416 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp20.857 miliar pada tahun 2011. Marjin laba sebelum pajak menurun dari 31,0% pada tahun 2010 menjadi 29,0% pada tahun 2011.
          v.      Beban Pajak Penghasilan
Beban pajak penghasilan menurun sebesar Rp159 miliar, atau 2,9%, dari Rp5.546 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp5.387 miliar pada tahun 2011, mengikuti penurunan laba sebelum pajak sebesar 2,9%.
       vi.      Laba Tahun Berjalan yang dapat Diatribusikan kepada Kepentingan Non Pengendali
Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada kepentingan nonpengendali meningkat sebesar Rp172 miliar, atau 4,0%, dari Rp4.333 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp4.505 miliar pada 2011.
    vii.      Laba Tahun Berjalan yang dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk
Laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menurun sebesar Rp572 miliar, atau 5,0%, dari Rp11.537 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp10.965 miliar pada tahun 2011.
 viii.      Ekuitas
Jumlah ekuitas meningkat sebesar Rp4.566 miliar, atau 8,1%, dari Rp56.415 miliar pada tahun 2010 menjadi Rp60.981 miliar pada tahun 2011. Peningkatan jumlah ekuitas terutama disebabkan oleh jumlah laba komprehensif tahun berjalan sebesar Rp15.481 miliar pada tahun 2011, diimbangi dengan dividen tunai sebesar Rp8.849 miliar dan pembelian modal saham yang diperoleh kembali sebesar Rp2.059 miliar. Sebagai hasilnya, laba ditahan mengalami peningkatan sebesar Rp5.146 miliar, atau 19,4% dari Rp41.908 miliar pada tanggal 31 Desember 2010 menjadi Rp47.054 miliar pada tanggal 31 Desember 2011.
Laba bersih per saham menurun sebesar Rp27 atau 4,6% dari Rp587 di tahun 2010 menjadi Rp560 di tahun 2011.


Sumber :
http://www.putra-putri-indonesia.com/mendirikan-perusahaan.html
http://www.putra-putri-indonesia.com/syarat-pendirian-perusahaan.html
http://www.telkom.co.id/tentang-telkom
http://www.telkom.co.id/tentang-telkom/struktur-perusahaan
http://www.telkom.co.id/struktur-organisasi-perusahaan.html
http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0035_distribusi.html
http://meisnanda.blogspot.co.id/2015/01/tugas-3-softskill-pengembangan-rencana.html
http://www.telkom.co.id/UHI/UHI2011/ID/0702_pendapatan.html
http://www.telkom.co.id/UHI/UHI2011/ID/0703_beban.html

http://www.telkom.co.id/UHI/UHI2011/ID/0704_keuangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar